Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah – Yamaha Mio J


Yamaha sebagai produsen sepeda motor di tanah air selalu memberikan inovasi terhadap produknya yang berkualitas tinggi. Sentuhan teknologi injeksi tidak hanya di berikan pada kasta motor sport tetapi juga pada skutik andalan terbaru Mio J. Skutik ini memberikan akselerasi yang responsif karena bahan bakar dikontrol oleh sistem injeksi sehingga dapat menghasilkan pencampuran udara dan bahan bakar yang sempurna,  hal ini berujung pada peningkatan daya akselerasi yang mengagumkan.

DESAIN

Motor entry level yang dipersembahkan oleh pabrikan garputala ini didesain bagi kawula muda yang menginginkan style yang mewah, elegan dengan harga terjangkau. Speedometer yang informatif dan mudah dipantau, baik penggunaan bahan bakar ataupun kecepatan kendaraan. Matic ini sudah mengaplikasikan DRL system  yang sudah menjadi aturan wajib berkendara, penerapan perangkat motor ini untuk mendukung program safety riding itu sesuai dengan pasal 107 ayat 2 dan Undang-Undang No.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 107 dimana menyebutkan pengendara diwajibkan menyalakan lampu pada siang hari. Perpaduan desain yang  eksotis dan tata warna yang menarik pada bodinya membuat setiap mata terpana melihatnya. Lampu sein yang tersemat pada bagian sayap nampak tegas dan meruncing yang memberikan kesan sporty. Lekukan tegas pada sekujur tubuhnya memberikan cita rasa khas dan menawan.

FITUR

Large Fuel Tank

Kapasitas bensin yang besar hingga 4,8 liter membuat pengguna Mio J dapat berkendara cukup jauh terlebih lagi mesin matic ini tergolong irit sehingga tidak perlu selalu mengisi bahan bakar.

Bagasi Luas

Mio J memiliki bagasi kapasitas hingga 8,1 liter sehingga dapat membawa barang belanja ataupun sekadar jas hujan hingga minuman favorit di saat berkendara.

Secure Key Shutter

Mio J dilengkapi piranti anti maling yang akan memberikan keamanan lebih bagi pengguna terhadap risiko pencurian.

MESIN

Mio J bukan hanya parasnya yang menawan, mesinnya juga dirancang dengan baik oleh para teknisi Yamaha. Teknologi injeksi dibenamkan ke matic berkapasitas 113,7 cc sehingga menghemat pemakaian bensin. Mesin memiliki semburan tenaga 7,75 PS/ 5000 rpm dan torsi 8,5 N.m / 5.ooo rpm, hal ini menandakan bahwa Mio J dapat menggapai tenaga maksimal pada putaran mesin yang cukup rendah dan tentunya akselerasi yang dahsyat dan enak buat jalur stop and go seperti di perkotaan.  Mesin ini masih menggunakan SOHC atau Single Over Head Chamshaft dengan 2 valve dan menggunakan 4 langkah. Satu hal yang perlu dibenahi dalam Mio J adalah tidak disertakan teknologi radiator untuk meredam panas mesin, matic ini masih senantiasa mengandalkan kipas ataupun udara.

Mio J matic yang irit

Penggunaan teknologi injeksi yang menggantikan penggunaan radiator  berdampak postif  bagi penggunaan bahan bakar (fuel consumption) hingga 30%. Sistem injeksi ini mengatur buka tutup saluran bahan bakar agar sesuai dengan campuran udara. Ketika mesin berjalan pelan maka sistem injeksi akan mengurangi debit bensin begitu sebaliknya jika matic dipacu pada kecepatan tinggi, sehingga penggunaan injeksi akan menghindari bahan bakar yang terbuang sia-sia. Hal ini tentunya didukung oleh kompresi mesin yang tinggi dan penggunaan daya listrik yang rendah agar konsumsi bahan bakar dapat efisien.

Tahan Lama atau Durabilitas yang Tinggi

Yamaha memberikan garansi mesin hingga 5 tahun untuk teknologi injeksi yang dibenamkan pada skutiknya sehingga ketangguhannnya tidak perlu diragukan lagi. Seperti teknologi injeksi pada umumnya, injektor cukup dibersihkan setiap 10.000 km, hal ini untuk menjaga kebersihan dan menghindari endapan yang berasal dari bahan bakar. Perlu dipahami bahwa injektor merupakan noozle elektromagnetik yang dikotrol secara otomatis. Injektor dilengkapi dengan heat insulator pada saluran masuk  atau pada bagian kepala silinder yang dekat padalubang input.

YMJET-FI

Teknologi andalan Yamaha ini menghadirkan kemampuan pembakaran yang sempurna yang dapat digambarkan seperti kabut atau uap air, sedangkan pembakaran yang tidak sempurna seperti air hujan. Bila dibandingkan dengan Injeksi konvensional maka YMJET-FI menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih irit terutama pada rpm bawah hingga menengah dan kinerja mesin lebih responsif.

DiAsil silinder

Teknologi diasil silnder andalan Mio J diklaim sangat kuat yang merupakan perpaduan dari silicon dan aluminium berkualitas tinggi. Die Aluminium Silicicon memiliki kelebihan tidak mudah panas sehingga mesin terhindar dari gejala over heat. Ketika mesin dipacu pada kecepatan tinggi ataupun dalam kondisi ekstrim, silinder dapat menunjukkan performa yang baik dan tahan terhadap suhu yang tinggi. Terlebih lagi teknologi ini di klaim Yamaha sangat ekonomis karena tidak menggunakan liner besi sehingga memiliki masa pakai yang lama. Teknologi DiAsil silinder menghasilkan suara mesin yang lebih halus dan lebih ringan.

Forged Piston

Forged piston atau piston yang cara pembutannya menggunakan teknik tempa memiliki keunggulan dibandingkan piston biasa. Melalui proses pembuatan teknologi tinggi maka pembuatan piston melalui serangkaian penempaan yang menghasilkan produk yang presisi dan memiliki durabilitas yang sangat tinggi. Selain itu piston yang menggunakan teknologi ini dapat bekerja pada kondisi yang ekstrim seperti digunakan disaat berkendara pada jarak yang jauh. Piston ini di buat agar memaksimalkan rasio berat dan kekuatan piston sehingga dapat meningkatkan kinerja mesin yang mengagumkan. Kelebihan lain penggunaan forged piston pada Mio j adalah mesin lebih ringan dan hemat bahan bakar, Yamaha berani memberikan garansi 5 tahun bila boring dan seher sampai longgar atau oblak. Teknologi ini sebenarnya sudah tersemat pada superbike seperti Yamaha R1 dan R6.

PILIHAN WARNA

Matic ini memilki beragam warna hingga 14 macam sesuai selera konsumen. Kategori pelek racing atau cast wheel tersedia 5 warna yaitu putih, hijau, biru, merah dan hitam. Pada kategori ini warna yang dihadirkan terkesan polos dan minimalis namun terlihat elegan.

Kategori Mio J yang menggunkakan velg jari-jari ini tersedia 4 warna yang minimalis putih, biru, merah dan hitam.

Kategori teen ditujukan bagi para remaja yang kreatif dan dinamis, hal ini digambarkan melalui perpaduan dua warna yang apik. Tampilan striping yang yang memiliki daya seni yang tinggi memberikan kesan sporty. Ada lima warna yaitu hitam putih, hitam hijau, putih biru, putih merah dan putih hitam. Yang menarik adalah aplikasi warana putih di velg Mio J sehingga memberikan kesan anggun dan menawan.

KESIMPULAN

Matic ini sangat terjangkau dengan harga di kisaran 11,9 sampai 12,9 on the road Jakarta sehingga pantas Anda miliki. Terlebih kelengkapan fitur seperti bagasi dan tangki bahan bakan yang besar memberikan nilai tambah tersendiri. Mio J mempunyai karakteristik mesin yang responsif dan unggul diputaran bawah menengah sangat cocok di daerah perkotaan yang seringkali terkendala macet dan kondisi jalan yang stop and go. Tampilan yang rupawan memberi daya tarik tersendiri bagi penggunanya sehingga telihat lebih modis. Teknologi YMJET-FI menghadirkan performa yang mengagumkan dengan konsumsi bahan bakan yang irit dan efisien hingga 30%. Secara keseluruhan matic ini sangat saya rekomendasikan bagi Anda yang gemar mengendarai matic. Rasakan ketangguhan dan sensasi berkendara dari Mio J….. It’s magic!

Artikel ini disertakan pada Yamaha Writing Competition.

Silahkan kunjungi website http://www.yamaha-motor.co.id/ untuk informasi produk andalan Yamaha.

16 comments on “Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah – Yamaha Mio J

  1. Dear baygrindline.wordpress.com

    Sore,

    Kami dari Humas Merdeka.com bermaksud menawarkan content yang sesuai dengan tipikal blog Anda yang bisa digunakan secara gratis. Content ini sangat mudah aplikasinya dan sangat membantu Anda dalam Reblogging.
    Jika Anda berminat, silahkan kunjungi http://content.merdeka.com/ dan dapatkan contentnya.

    Terima kasih atensinya, kami menunggu kabar baik dari Anda.

    Salam,

    Humas Merdeka.com
    Selvie Chummairoch

  2. Nyaman mana bila dibandingkan dengan vario injeski???? pengin matic yang irit dan nyaman nihhhh…

  3. Koreksi saja, tertulis radiator, seharusnya karburator. Trims

    Mio J matic yang irit

    Penggunaan teknologi injeksi yang menggantikan penggunaan radiator …..dst

Leave a reply to Selvie Chummairoch Cancel reply