Praktis Menambal Radiator Pakai Sabun

Peran radiator dalam sistem pendingin sangat penting. Di komponen inilah air radiator tersimpan. Air radiator akan bersirkulasi untuk menyerap dan melepaskan panas mesin. Proses penyerapan dan pelepasan panas tersebut tidak akan berjalan maksimal jika kuantitas air tidak sesuai dengan yang dibutuhkan.

Lama-lama, air radiator memang bisa berkurang. Karena radiator bocor, misalnya. Dari sekian banyak penyebab, ada beberapa hal yang paling sering memicu kebocoran pada radiator. Yaitu: korosi (karat), benturan (baik karena tabrakan maupun karena terkena kibasan kipas radiator). Khusus untuk bahan fiber, penyebab lainnya adalah panas dan tekanan air radiator. Akibat hal-hal ini, dapat terbentuk rongga atau celah di plat-plat (fiber) radiator. Dari celah itulah air merembes keluar.

Nah, jika suatu ketika mesin mobil Anda mengalami overheating, dan setelah melalui pemeriksaan ternyata ditemukan kebocoran pada radiator, tidak perlu panik. Ada langkah darurat yang bisa kita lakukan. Tambal saja bagian yang bocor tersebut dengan sabun mandi batangan. Untuk sementara, tambalan ini akan mencegah air merembes keluar. Sehingga proses pendinginan mesin bisa berlangsung normal kembali.

Setelah radiator tertambal, Anda bisa mengoperasikan kembali mobil. Tapi jangan lupa untuk mengontrol temperatur pada instrumen panel. Bila jarum di temperatur gauge mulai naik, (mendekati “H”), matikan dan dinginkan mesin kembali. Setelah temperatur turun di bawah normal, kembali jalankan kendaraan Anda. Segeralah perbaiki kebocoran bila Anda menemukan bengkel.

Thx 4: astraworld

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s