All-New Colorado, truk pick-up paling irit

All-New Chevrolet Colorado akhirnya resmi diluncurkan di Indonesia, Senin malam (5/3). Sosok pick-up double cabin asal negara Paman Sam ini terlihat begitu kokoh, kuat dan tangguh melibas segala medan, serta hemat bahan bakar. Tak salah, jika sebuah situs otomotif luar negeri memasukkan nama Colorado sebagai salah satu truk pick-up paling irit di dunia.

Guna membuktikan kombinasi kekuatan, kenyamanan, daya tahan, serta efisiensi bahan bakar terbaik, All New Chevrolet Colorado melakukan tes perjalanan sejauh 2,5 juta kilometer di 5 benua sebelum akhirnya tiba di Indonesia. Hasilnya, General Motors mampu menciptakan sebuah truk pick-up midsize terbaik dalam hal performa, daya tahan, serta efisiensi efisiensi bahan bakar di semua medan dan kondisi pengendaraan.

Secara keseluruhan, bodywork yang melekat di bungkus dalam dimensi lebih besar dan bersama dengan garis desain yang berani, memberikan Colorado karakteristik yang kuat dan gagah.

Untuk pasar Indonesia, All New Chevrolet Colorado tersedia dalam tiga varian: Extended Cab, Crew Cab LT, dan Crew Cab LTZ. Ketiga varian tersebut dilengkapi sistem penggerak empat roda (four wheel-drive). Semua All-New Chevrolet Colorado menawarkan rancangan powertrain, kabin, serta ride height yang berbeda.

Eksterior All-new Chevrolet Colorado

Dikembangkan oleh tim engineer GM dari Brazil, All New Chevrolet Colorado memiliki dimensi yang lebih besar secara keseluruhan dibandingkan model sebelumnya. Di bagian depan, logo bowtie emas Chevrolet yang telah diakui secara internasional dan ciri khas grille dual-port, kini dilengkapi dengan dua projector-style chromium headlamps yang besar dan terintegrasi dengan fender depan.

Side-beams dari engine hood yang besar kini di tempatkan tiga inci lebih tinggi dengan ciri khas disertai dengan flared wheel arches, memberikan All-New Colorado penampilan garis bahu (shoulder line) yang lebih tinggi dan penampilan yang lebih kokoh.

Penyempurnaan lain nampak pada varian double cabin/crew LTZ , yang kini dilengkapi square chromium fog lights yang membantu visibilitas dalam kondisi pengendaraan dengan pencahayaan yang buruk. Sementara sebuah sump-guard yang terbuat oleh logam yang kuat kini juga dipasangkan pada bagian bawah bumper depan, membuat penampilan yang lebih kokoh dan berfungsi untuk melindungi bagian bawah powertrain dari kondisi pengendaraan di medan berat.

Penyematan material krom, low-gloss, dan soft-finish meliputi seluruh handle pintu, baik pintu belakang truk handle, handle pintu sisi pengemudi maupun penumpang, serta pada side mirror electric, memberikan kesan penampilan yang premium dan modern serta menghilangkan kesan monoton yang biasanya terdapat pada kendaraan truk.

Meski siap melahap medan berat pertambangan dan perkebunan, GM tak melupakan keindahan sisi desain lampu-lampu. Kluster lampu belakang berbentuk vertikal, serta rumah lampu LED yang besar juga melengkapi penampilan untuk memberikan visibilitas yang lebih baik bagi pengemudi kendaraan lain di belakang, serta memberikan penampilan yang kokoh dari sektor buntut.

Varian double cabin/crew LTZ dan LT mengaplikasi velg 16-inci dan ban 245/70 R16, untuk melengkapi wheel wells yang lebar.

Interior

Sebagai kendaraan, sebut saja, dual purpose, pengemudi tetap dapat merasakan kenyamanan dan kemegahan interior yang ditawarkan. Dengan dimensi keseluruhan yang lebih besar, All-new Chevrolet Colorado memberikan ruang interior yang lebih besar, baik untuk pengemudi maupun untuk penumpang.

Dimulai dengan ciri khas konsol depan ?dual cockpit’ yang berbasis pada Chevrolet Corvette yang legendaris, interior menampilkan skema warna Beige, black two-toned, lengkap dengan insert logam untuk memberikan nuansa ramping dan sporty.

Padupadan model desain Chverolet lain juga tersibak pada cluster meter di depan pengemudi, yang berbasis pada Chevrolet Camaro. Sementara semua display, termasuk Data Information Center (DIC) digital antara speedometer dan tachometer, berbasis pada ciri khas back-light LED Chevrolet Ice-Blue illumination.

Interior All-new Chevrolet Colorado

Konsol tengah dilengkapi tombol kontrol yang diletakkan dalam mode melingkar untuk memudahkan penampilan dan pengoperasian intuitif, dimana tombol digital HVAC (Heat, Ventilation and Air-Conditioner) diletakkan dengan cara ini .

All-new Chevrolet Colorado menawarkan ruang kepala dan bahu yang lebih luas untuk pengemudi dan penumpang, sementara kursi depan yang dirancang secara ergonomis memiliki adjustments yang lebih besar untuk mengakomodasi berbagai tipe pengemudi dan preferensi penumpang.

Sektor dalam Colorado juga mengadopsi fitur yang biasanya ditemukan di kendaraan premium. Ini termasuk tombol HVAC digital/elektronik dan cruise control untuk varian double cabin/crew LTZ. Selain itu tersedia sistem 2-DIN audio, konektivitas Bluetooth dan USB, serta kompatibilitas MP3 yang didukung oleh sistem enam speaker.

Sistem HVAC di semua varian juga telah melalui desain ulang menghasilkan kinerja HVAC yang lebih lembut dengan noise yang lebih rendah.

Mesin dan Sasis

Beralih ke dapur pacu. All-new Chevrolet Colorado dipersenjatai mesin Duramax turbo-diesel berkapasitas 2.500 cc, empat silinder, yang diproduksi oleh Fasilitas manufaktur Powertrain GM di Rayong, Thailand. Mesin baru ini adalah varian mesin Chevrolet empat-silinder turbo-diesel baru, dan didesain berdasarkan mesin V8 6.6L Chevrolet Duramax seperti ditemukan di pasar AS.

Mesin 2.5L four-cylinder 16-valve ini, menghasilkan tenaga 150 hp pada 3.800 rpm, dan memberikan torsi maksimum 350 Nm pada 2.000 rpm, yang dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan dan Common Rail Direct Injection system, serta dilengkapi dengan intercooled turbo-charger.

Dioptimalkan untuk memberikan torsi tinggi di rpm rendah, mesin Duramax cocok untuk aplikasi tugas berat, seperti mengangkut beban banyak untuk mengangkut tanpa mengorbankan performa.

Mesin All-new Chevrolet Colorado

Double cabin ini dibuat di atas sasis yang diperkuat (reinforced chassis) untuk memiliki karakteristik kekakuan torsi yang lebih baik, dibantu oleh eight cross members di step-ladder framenya. Selain kokoh, reinforced chassis ini mampu mengurangi noise, vibration dan harshness (NVH) yang biasanya terdengar dari dalam kabin. Di samping itu, sasis yang relatif lebih kaku ini juga membantu memberi kemampuan kendali yang lebih baik di segala medan.

All-new Chevrolet Colorado memiliki sistem suspensi kokoh yang dapat menangani beban berat, namun tetap memberikan handling dan kenyamanan yang baik. Performa ini adalah hasil dari fitur konfigurasi double wishbone dengan coil springs dan stabilizer bar pada suspensi depan, dan semi-elliptical leaf springs pada suspensi belakang. Reinforced chassis ini juga memberikan integritas struktural yang lebih baik secara keseluruhan.

Fitur Keselamatan

Sudah barang tentu, melibas trek berat dan landai butuh dukungan fitur keselamatan mumpuni. All-new Chevrolet Colorado memiliki kelengkapan fitur keselamatan aktif dan pasif di sejumlah titik.

Diantaranya TCS (Traction Control System). Peranti ini adalah sebuah sistem elektronik, yang bekerja bersama-sama dengan Anti-Lock Braking System (ABS), guna mengatur pengiriman torsi ke roda penggerak, pada semua kecepatan. Sistem ini berfungsi untuk membatasi pengiriman torsi atau mengaplikasikan rem sesaat ketika sistem mendeteksi roda akan tergelincir (wheel slip) atau kehilangan pegangan, di semua kondisi operasi, guna mempertahankan tingkat grip yang maksimum pada setiap saat.

Fitur lain berupa ESC (Electronic Stability Control) yang bekerja sinergis dengan TCS untuk mendeteksi gerakan kendaraan, dalam hal ini sudut roda depan dan kecepatan rotasi dari semua roda.

Jika sistem tersebut mendeteksi penyimpangan pada saat kendaraan dikendaraai (seperti ketika kendaraan mulai kehilangan pegangan di sudut atau tikungan licin), sistem akan meningkatkan tekanan rem pada masing-masing atau kombinasi roda, atau mengurangi tenaga mesin, atau keduanya, untuk memastikan kendaraan kembali ke dalam keseimbangan. Namun peranti ini hanya tersedia pada varian double cabin/crew LTZ.

PBA (Panic Brake Assist), pengembangan dari sistem HBA (Hydraulic Brake Assist), sistem ini akan mendeteksi jika rem diterapkan secara tiba-tiba, seperti ketika dalam situasi darurat, dan jika perlu akan menambah gaya pengereman dan memicu sistem ABS. Jarak pengereman akan menurun, dibandingkan dengan kendaraan dengan sistem ABS konvensional tetapi tidak dilengkapi dengan PBA.

Berikutnya HBA (Hydraulic Brake Assist). Fitur ini secara otomatis meningkatkan tekanan yang diterapkan pada rem untuk meningkatkan kekuatan berhenti. Akibatnya, pengemudi tidak perlu mengerahkan kekuatan terlalu banyak pada pedal rem untuk menghentikan kendaraan. Sistem ini bekerja bersama-sama dengan PBA.

Cukupkah? Belum. Colorado juga mengaplikasi CBC (Cornering Brake Control), pengembangan dari sistem ABS, TCS dan ESC, CBC membantu pengemudi mempertahankan kontrol kendaraan jika rem diterapkan pada pertengahan sudut atau tikungan.

Sistem mendeteksi posisi kendaraan, dan memodulasi kekuatan rem untuk semua roda secara tersendiri, sehingga kendaraan tetap seimbang dan terkendali, dan meminimalkan kecenderungan under atau oversteer (pada varian double cabin/crew LTZ saja).

Menyusul berikutnya fitur keselamatan HBFA (Hydraulic Brake Fade Assist). Fitur ini bekerja ketika rem digunakan berulang kali dalam kendaraan konvensional tanpa HBFA, komponen rem dan fluida rem akan memanas, sehingga mengurangi atau, dalam kasus yang ekstrim, menghilangkan kemampuan rem. Ini dikenal sebagai ‘brake fade’. Dalam All-new Chevrolet Colorado, sistem HBFA secara otomatis akan meningkatkan tekanan pengereman ketika mendeteksi brake fade.

Selain fitur aktif yang tersedia bagi pengendara, All-new Colorado juga dilengkapi dengan fitur keselamatan pasif, seperti airbags depan untuk pengemudi dan penumpang (hanya varian double cabin/crew LTZ), side impact protection beams, dan collapsible steering column yang akan masuk ke dalam konsol depan untuk menghindari benturan dengan pengemudi ketika terjadinya tabrakan frontal dari depan.

Soal laburan cat yang tersedia, tergantung pada varian model. All-new Chevrolet Colorado menawarkan 8 pilihan warna berbeda, yakni Alpine White, Switchblade Silver, Black Sapphire, Royal Gray, Sizzle Red, Blue Mountain, Auburn Brown dan Oceanic Blue.

Mau mencoba buktikan ketangguhan Colorado di trek penuh tantangan? Siapkan kocek Rp. 265 juta untuk varian extended cabin, Rp. 323 juta untuk model double cabin/crew LT, serta varian double cabin/crew LTZ Rp. 343 juta.

Sumber: merdeka

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s